G20 Bali Indonesia Ciptakan Sejarah Baru - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

7/23/2022

G20 Bali Indonesia Ciptakan Sejarah Baru

Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjabat sebagai presidensi G20. Sejak keikutsertaan Indonesia dalam forum G20 tahun 1999. G20 adalah platform multilateral untuk bekerja sama yang terdiri dari 19 negara besar dan Uni Eropa. Mewakili lebih dari 60% populasi dunia, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Mengingat situasi dan kondisi global saat ini, Indonesia diberi kepercayaan penuh untuk memimpin KTT G20. Oleh karena itu, tidak boleh disia-siakan kepercayaan yang telah diberikan tersebut. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa pilihan mereka tidak salah.

Untuk itu, Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari hal-hal baru. Selain untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih sebagai presiden G20. Indonesia juga mampu menampilkan ide dan kecemerlangan Sang Presidensi.


Hal ini sudah terlihat, mulai dari pemilihan lokasi acara, pembentukan panitia dan event yang diselenggarakan sebelum dan sesaat acara berlangsung. Bali, sebagai lokasi yang dipilih untuk KTT G20 , tentu bukan tanpa alasan. Siapa yang tak mengenal Bali? Seluruh dunia tahu tentang Bali. Bali telah menjadi tujuan utama bagi wisatawan asing di Tanah Air. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa ini baru secuil dari keindahan Indonesia yang terlihat.

Tema utama Indonesia pada pertemuan G20 tahun 2022 adalah "recover together, recover stronger". Tema besar G20 yang diumumkan oleh Sang Presidensi. Apalagi ditopang dengan keberadaan Bank Indonesia. Pemulihan ekonomi secara khusus sangat dikedepankan pascapandemi. Semoga pemulihan ekonomi bisa terwujud dengan cepat dan kuat.

Dengan demikian visi dan misi G20 tahun 2022 menjadi sangat relevan. Bukan hanya bagi para anggota saja tetapi juga yang non-anggota.


 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar