Temujin Sesosok Khan Mongolia - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

7/30/2022

Temujin Sesosok Khan Mongolia

Gambar Temujin Sesosok Khan Mongolia

SEPUTAR IQ - Temujin adalah anak sulung Yusugei, ketua suku Kiyad. Sedangkan nama keluarga dari Yasugei adalah Borjigin. Temujin dinamakan seperti nama ketua musuh yang ditewaskan ayahnya. Sedangkan ibu Temujin, bernama Hoelun yang berasal dari suku Olkhunut.  Ketika Temujin berusia 9 tahun, Temujin dikirimkan keluar dari sukunya kerena ia akan dijodohkan kepada Borte, putri dari suku Onggirat.

Sesampainya Temujin diantarkan oleh ayahnya ke suku Onggirat, Yasugei ayahnya Temujin meninggal dunia karena diracuni suku Tartar tepat pada saat ia pulang. Temujin pun dipanggil pulang untuk menemui ayahnya, Yasugei memberi pesan kepada Temujin untuk membalaskan dendamnya dan menghancurkan suku Tartar pada masa depan kelak.

Kehidupan Temujin bertambah parah setelah hak kekuasaanya sebagai penerus kepala suku direbut oleh orang lain dengan alasan Temujin masih sangat muda. Hingga akhirya Temujin dan keluarganya diusir dari sukunya. Temujin dan keluarganya sangat menderita, dengan perbekalan makanan yang sangat terbatas ia dan adik-adiknya hidup dengan cara berburu.

Baca juga: The Tielman Brothers King of Rock and Roll Indonesia, dan Kiblatnya Band The Beatles

Perjalanan Temujin?

Pada saat Temujin beranjak remaja, kepala suku Borjigin mengirimkan pasukan untuk membunuhnya. Temujin pun berhasil tertangkap dan ditawan namun ia berhasil kabur dari tahanan dengan pertolongan dari orang-orang yang masih setia kepada ayahnnya, pada saat itulah Temujin berjuang dan menggumpulkan kekuatannya sendiri.

Singkat cerita Temujin mempunyai teman baik yang juga merupakan saudara angkatnya, yang bernama Jamukha. Ia pernah berkali-kali ditolong oleh Jamukha, yang merupakan keturunan dari suku Jadaran. Bersama dengan saudara angkatnya, kini Temujin pun berhasil merebut kembali hak dan kekuasaannya atas sukunya dan juga perserikatan Mongolia yang didirikan oleh ayahnya dahulu.

Musuh terbesar Temujin dalam sejarah ternyata adalah saudara angkatnya yaitu Jamukha, yang sering mengadu-domba Temujin dengan suku-suku lainnya, termasuk juga ayah angkatnya Temujin sendiri yang bernama Wang Khan.

Gelar Khan, Temujin?

Setelah Temujin berhasil menyisihkan musuh-musuhnya dan melaksanakan perintah mendiang ayahnya Yesugei, ia kemudian juga berhasil membalaskan kematian nenek moyangnya, yang bibunuh oleh kerajaan Jin. 

Sampai akhirnya, Temujin kemudian diangkat menjadi Khan dengan gelar Jenghis Khan (Genghis Khan), yang artinya "Khan dari segala-galanya", dan inilah awal mula sejarah sosok Jenghis Khan (Genghis Khan) seorang pendiri kekaisaran pertama Mongolia.

Jenghis Khan adalah khan Mongol dan ketua militer yang menyatukan bangsa Mongol dan kemudian mendirikan. Kekaisaran Mongolia dengan menaklukkan sebagian besar wilayah di Asia, yaitu Dinasti Jin, Xia Barat, Asia Tengah, dan Persia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar