Belanda Menjadi Finalis Pertama yang Masuk Perempat Final Pildun 2022 Qatar, Setelah Menaklukakan AS 3-1 - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

12/05/2022

Belanda Menjadi Finalis Pertama yang Masuk Perempat Final Pildun 2022 Qatar, Setelah Menaklukakan AS 3-1

Hasil Pertandingan Belanda vs Amerika 3-1 Mengantarkan squad De Oranje berhak lolos ke babak delapan besar

Setelah squad De Oranje menaklukkan Amerika Serikat dengan skor 3-1. Belanda menjadi finalis pertama yang masuk ke perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada laga babak 16 besar di Khalifa International Stadium, Sabtu (03/12) malam WIB, Belanda menang 2-0 di babak pertama melalui Memphis Depay dan Daley Blind.

Tak mau ketinggalan, AS memperkecil skor lewat Haji Wright, sebelum gol Denzel Dumfries memastikan kemenangan Belanda. Pasukan Louis van Gaal sedang menunggu pemenang selanjutnya, antara Argentina vs Australia.

Jalannya laga di babak pertama, timnas Amerika Serikat langsung menggebrak sejak pertandingan dimulai. Di menit ketiga, Christian Pulisic memiliki peluang untuk mencetak gol. Namun, tembakannya berhasil digagalkan kiper Andries Noppert

Tidak hanya diaam saja, Belanda membalas dengan mencetak gol ke gawang Amerika Serikat pada menit ke-18. Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan silang mendatar dari Denzel Dumfries.

Tertinggal satu gol, Amerika Serikat mencoba membalas. Namun percobaan yang dilakukan Timothy Weah dan Sergino Dest masih gagal untuk mengubah skor.

Belanda menggandakan skor di masa injury time lewat Denzel Dumfries mengirimkan umpan silang mendatar ke kotak penalti Amerika Serikat yang langsung dicetak Daley Blind.

(Baca juga: Prediksi Pertandingan Wales Melawan Inggris di Matchday Terakhir Group B Piala Dunia 2022 Qatar)

Tidak ada gol tambahan setelah itu. Timnas Belanda asuhan Louis van Gaal menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Meski unggul dua gol, Belanda memasukkan dua pemain menyerang Tun Koopmeiners dan Steven Bergwijn untuk menambah keunggulan di babak kedua.

AS adalah yang pertama menciptakan peluang di kedua ini setelah sundulan Weston McKennie memaksa Noppert terbang untuk menahannya. Bola rebound disambar Tim Ream yang kembali digagalkan Noppert.

Semenit berselang Belanda nyaris mencetak gol andai bola yang dihajar Walker Zimmerman tidak cepat dihalau Matt Turner.

Pada menit ke-61, Turner harus terbang menghalau sundulan Memphis. Turner melakukan dua penyelamatan beruntun pada menit ke-72 ketika dia mencegat tembakan jarak jauh Koopmeiners. Kemudian, Turner dengan cepat memblok bola rebound yang disambar Memphis.

AS membuka peluang lolos setelah memperkecil skor pada menit ke-76. Sebuah umpan silang dari kanan disambut Haji Wright di tiang dekat dan ia masih mampu menyontek bola meski dijaga ketat oleh Van Dijk. Bola melambung ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Noppert dan Dumfries.

Semenit sebelumnya AS terpojok ketika Dumfries berhasil memblok tembakan Wright ke gawang kosong menyusul blunder Memphis. Dumfries! Usai membuat dua assist, bek Inter Milan itu pun mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-81.

Tanpa penjagaan di sisi kanan, Dumfries maju untuk menyambut umpan silang kaki kiri Blind dan menemukan Turner untuk menjadikannya 3-1. Keunggulan itu dipertahankan Belanda hingga akhir pertandingan dan berhak lolos ke babak delapan besar.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar