Pemerintah Akan Ganti Gas LPG ke Kompor Listrik - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

9/24/2022

Pemerintah Akan Ganti Gas LPG ke Kompor Listrik

Rencana pemerintah Indonesia untuk mengonversi energi dari gas LPG subsidi tiga kilogram ke kompor listrik dinilai mustahil diterapkan secara nasional selama keandalan pasokan listrik di Indonesia belum kuat. Ini karena infrastruktur kelistrikan yang mumpuni hanya ada di Pulau Jawa dan Bali, menurut pengamat.

Kementerian ESDM memastikan masyarakat tidak akan dikenakan beban jika berpindah dari gas LPG ke kompor listrik. Pemerintah justru mengklaim, masyarakat bisa lebih menghemat biaya masak hingga 10%-15%.

(Baca juga: Wanita Emas Menjadi Tersangka Kasus Korupsi di BUMN)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengurangi konsumsi gas LPG tiga kilogram dan menggantinya dengan kompor listrik secara bertahap.

Untuk tahap awal, pemerintah sedang melakukan uji coba di beberapa kota seperti Solo, Jawa Tengah; Denpasar, Bali; dan Sumatera yang masing-masing diberikan ke 1000 rumah tangga dengan kapasitas daya listrik antara 450-900 VA.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan dari uji coba itu pemerintah ingin mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan masyarakat dengan kompor listrik lebih besar atau lebih kecil.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar