Apa yang Dimaksud Kegunaan Kesejahteraan Karyawan - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

7/28/2023

Apa yang Dimaksud Kegunaan Kesejahteraan Karyawan

Gambar Apa yang Dimaksud Kegunaan Kesejahteraan Karyawan

SEPUTAR IQ - Indonesia merupakan negara yang memiliki regulasi di segala bidang. Dimana tujuan dari setiap peraturan tersebut tidak lain adalah untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia itu sendiri. 

Hal ini juga berlaku dalam bidang pekerjaan yang ternyata terdapat peraturan yang mengatur tentang kesejahteraan karyawan. Dengan peraturan tersebut maka kesejahteraan pegawai juga akan terjamin sesuai dengan yang telah dijelaskan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kesejahteraan pegawai atau karyawan terjamin, umpan balik yang akan diberikan pekerja kepada perusahaan juga akan lebih terasa. Kemudahan suatu lembaga atau perusahaan tertentu berkembang ada hubungannya dengan kesejahteraan yang diterima oleh karyawan.

Well, seperti yang sudah disebutkan, Indonesia adalah negara yang memiliki regulasi yang bisa membuat rakyatnya lebih nyaman, aman, dan sejahtera. Dalam dunia kerja terdapat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1963.

Dimana ketentuan tersebut dapat dikatakan sebagai peraturan tentang kesejahteraan pegawai. Artikel ini akan membahas peraturan tentang kesejahteraan karyawan secara lebih rinci. Untuk menambah wawasan tentang kesejahteraan karyawan, simak ulasan ini sampai selesai.

Baca juga: Berikut Cara Tes CPNS, Lihat Jawabannya di Sini?

Apa yang dimaksud Kesejahteraan Karyawan?

Kesejahteraan karyawan atau pegawai dapat diartikan sebagai kesehatan mental, fisik, emosional dan juga dari segi ekonomi yang dimiliki oleh pegawai secara keseluruhan. Itu juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari hubungan mereka dengan rekan kerja, keputusan yang telah mereka buat dan alat serta sumber daya yang mereka gunakan.

Jam kerja, gaji dan keselamatan kerja juga merupakan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan karyawan. Meskipun akan ada variasi yang luas untuk setiap orang yang bersangkutan, kesejahteraan karyawan juga harus memiliki tingkat rata-rata yang memungkinkan tempat kerja mereka menjadi lebih produktif dan sehat.

Selain itu, terdapat pula faktor eksternal yang memberikan kontribusi besar terhadap kesejahteraan karyawan. Misalnya dari stress terkait masalah keuangan, kesehatan hingga keluarga juga memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Kegunaan Kesejahteraan Karyawan?

Adanya kesejahteraan pegawai tentunya juga akan memberikan dampak atau manfaat positif bagi pengembangan kinerja di lingkungan kantor. Tentunya dengan semakin sejahtera pegawai di suatu instansi atau perusahaan akan dapat ikut serta dalam memajukan tempat kerjanya. Beberapa kegunaan kesejahteraan karyawan adalah sebagai berikut:
  1. Membantu Meningkatkan Produktivitas: Sebuah studi menunjukkan bahwa karyawan dengan kondisi lebih sejahtera cenderung lebih produktif dalam bekerja.

  2. Peran Karyawan yang Semakin Terlibat: Ketika perusahaan menciptakan budaya yang lebih fokus pada kesehatan karyawan, karyawan juga akan memberikan tenaga kerja yang lebih terlihat. Misalnya, penurunan berat badan, jalan-jalan kelompok, dan aktivitas kesehatan lainnya akan berkontribusi membuat karyawan merasa lebih terhubung dengan perusahaan tempat mereka bekerja dan rekan kerja mereka.

  3. Mengurangi Biaya Kesehatan: Memiliki budaya kesejahteraan karyawan dapat menghasilkan penghematan yang lebih terukur bagi perusahaan, terutama dalam mengurangi biaya perawatan kesehatan. Dengan meningkatnya kesehatan tenaga kerja perusahaan akan membuat karyawan lebih sering merasa sakit saat bekerja. Ini bisa menjadi indikasi bahwa karyawan jarang mendapatkan perawatan medis, yang sebenarnya dapat menghemat uang perusahaan terkait biaya perawatan kesehatan.

  4. Membantu Memperkuat Kolaborasi: Ketika karyawan bekerja dengan baik sebagai bagian dari tim, mereka juga akan lebih produktif dan tentunya kualitas pekerjaannya juga akan meningkat. Mereka cenderung lebih kreatif karena tim kerja umumnya menghasilkan kolaborasi yang lebih baik dan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide yang lebih inovatif. 

    • Ketika ini terjadi, akan lebih mudah bagi karyawan untuk memperkuat hubungan mereka dengan orang lain dalam tim yang sama. Mereka juga akan lebih mendorong satu sama lain dan meminta pertanggungjawaban satu sama lain untuk tujuan mereka.

    • Kegiatan di luar tempat kerja bersama tim juga akan membantu mereka meningkatkan kolaborasi dan komunikasi satu sama lain. Salah satu poin penting bagi karyawan untuk bertahan di kantor tempatnya bekerja adalah soal kepuasan. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan dalam mengelola kepuasan setiap karyawan. Untuk membantu Anda lebih memahami hal ini, tidak ada salahnya membaca buku Employee Satisfaction and Engagement Management yang sudah memiliki poin-poin penting di dalamnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar