Sejarah dan Perjalanan Klub Persebaya Surabaya di Sepakbola Indonesia - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

9/05/2023

Sejarah dan Perjalanan Klub Persebaya Surabaya di Sepakbola Indonesia

Sejarah dan Perjalanan Klub Persebaya Surabaya di Sepakbola Indonesia

SEPUTAR IQ - Persebaya Surabaya adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur. Klub ini didirikan pada tahun 1927 dengan nama Soerabajasche Indische Voetbal Bond (SIVB).

Pada awalnya, SIVB hanya terdiri dari anggota etnis Tionghoa dan Hindia Belanda. Namun, setelah Perang Dunia II, anggotanya mulai meningkat secara signifikan dan meliputi semua ras dan agama.

Baca juga: KPR Adalah? Berikut Jenis, Persyaratan, Biaya Proses, Keuntungan dan Lainnya

Sejarah Persebaya Surabaya?

Pada tahun 1950, SIVB berganti nama menjadi Persebaya Surabaya. Nama baru ini diambil dari singkatan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSBI), yang merupakan organisasi sepak bola nasional yang didirikan pada tahun 1930. Selain itu, nama juga dipilih untuk menghormati legenda lokal, Raden Mas Said, yang disebut "Persebaya".

Sejak saat itu, Persebaya telah menjadi salah satu tim sepak bola terbesar di Indonesia. Mereka telah memenangkan delapan gelar juara Liga Nasional Indonesia dan empat trofi Piala Indonesia. Selain itu, mereka juga pernah menjuarai turnamen Asia Tenggara pada tahun 1985.

Selain prestasi di lapangan, Persebaya juga dikenal karena fanatisme pendukungnya. Pendukung mereka, yang disebut Bonek, sering mengadakan aksi-aksi unik dan menyanyikan lagu-lagu yang mendukung tim. Hal ini membuat Persebaya menjadi salah satu tim sepak bola terpopuler di Indonesia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar