Sejarah dan Perjalanan Klub PSM Makassar di Sepakbola Indonesia - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

9/05/2023

Sejarah dan Perjalanan Klub PSM Makassar di Sepakbola Indonesia

Sejarah dan Perjalanan Klub PSM Makassar di Sepakbola Indonesia

SEPUTAR IQ - PSM Makassar adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Klub ini didirikan pada tahun 1915 dan merupakan salah satu tim tertua di Indonesia. PSM Makassar telah menjadi juara liga nasional sebanyak tujuh kali dan memenangkan Piala Indonesia dua kali.

Baca juga: Sejarah dan Perjalanan Klub Persebaya Surabaya di Sepakbola Indonesia

Sejarah PSM Makassar?

Klub ini awalnya didirikan oleh para pekerja Belanda pada tahun 1915 dengan nama Voetbal Vereninging Makassar (VVM). Setelah kemerdekaan Indonesia, VVM berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM) pada tahun 1950. Sejak saat itu, PSM telah menjadi salah satu tim terkuat di Indonesia.

Pada tahun 1951, PSM menjuarai Liga Nasional Indonesia untuk pertama kalinya. Mereka juga menjuarai liga nasional lima kali lagi antara tahun 1952 hingga 1965. Pada tahun 1971, PSM menjuarai liga nasional untuk keenam kalinya setelah mengalahkan Persebaya Surabaya.

Selain itu, PSM juga pernah menjuarai Piala Indonesia dua kali. Pertama pada tahun 2002 ketika mereka mengalahkan Arema Malang 2-1 di final. Kedua pada tahun 2008 ketika mereka mengalahkan Sriwijaya FC 3-2 di final.

PSM Makassar juga telah berpartisipasi dalam beberapa turnamen internasional, termasuk AFC Champions League, ASEAN Club Championship, dan Piala Presiden. Meskipun demikian, mereka belum pernah mencapai puncak prestasi internasional.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar