Piala Euro 2024: Belanda menang 3-0 saat melawan Rumania di babak 16 besar - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Piala Euro 2024: Belanda menang 3-0 saat melawan Rumania di babak 16 besar

Piala Euro 2024: Belanda menang 3-0 saat melawan Rumania di babak 16 besar

SEPUTAR IQ - Belanda menang 3-0 saat melawan Rumania di babak 16 besar Piala Euro 2024. Laga antara Rumania vs Belanda berlangsung pada Selasa (02/07/2024) di Allianz Arena München Stadion. Memasuki menit ke-20, Belanda unggul lewat penyerang Liverpool Cody Gakpo yang menerima umpan dari Xavi Simons.

Ia kemudian melancarkan serangan lewat sisi kiri garis pertahanan Rumania. Cody Gakpo yang tak mau menyia-nyiakan peluang kemudian melepaskan tendangan keras yang menjebol gawang Rumania. Berkat kontribusinya, Cody Gakpo membawa Belanda unggul 1-0 atas Rumania di babak pertama.

Pada menit ke-63, Cody Gakpo kembali berhasil mencetak gol usai menerima bola liar di kotak penalti. Sayangnya wasit menganulir gol tersebut, karena berada dalam posisi offside. Ini sekaligus menjadi gol ketiga Cody Gakpo untuk timnas Belanda di Euro 2024. Ia pun meningkatkan performanya, seperti saat mencetak gol untuk timnas Oranje di Piala Dunia.

Baca juga: Prediksi laga Austria kontra Turki di babak 16 besar Piala Eropa 2024

Jalannya pertandingan?

Pada babak pertama pertandingan, Belanda memainkan permainan passing pendek yang dipadukan dengan serangan dari sayap yang menjadi andalan tim Oranje di laga melawan Rumania. Alhasil, pada menit ke-6 Belanda mendapatkan peluang pertamanya melalui tendangan jarak jauh Xavi Simons, namun tendangannya berhasil diblok oleh kiper Rumania Florin Nita.

Delapan menit berselang, Rumania mengancam pertahanan Belanda, namun tendangan jarak jauh Dennis Man meleset dari sasaran. Jual beli serangan pun semakin mewarnai pertandingan. Belanda yang mendapatkan peluang melalui sepak pojok pada menit ke-18, Sayangnya sundulan Nathan Ake masih melebar di sisi kanan gawang.

Belanda mencetak gol pertama di menit ke-20. Berawal dari umpan Simmons yang melakukan penetrasi dari sisi kiri dan disambut oleh Cody Gakpo yang kemudian melepaskan tembakan. Meski sempat membentur tangan Nita, namun bola mengarah ke pojok kiri gawang Rumania. Hasilnya, skor 1-0 untuk timnas Belanda.

Rumania yang tertinggal mencoba memberikan perlawanan di menit ke-21, namun tembakan Ianis Hagi dari luar area penalti masih melebar ke kiri. Sementara tiga menit kemudian, Man melepaskan tembakan dari jarak dekat dan lagi-lagi bola meleset ke sisi kanan gawang Belanda, upaya Rumania mengejar ketertinggalan pun gagal.

Memasuki menit ke-26, Stefan de Vrij mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan Belanda namun sundulannya dari situasi sepak pojok masih melebar. Sedangkan pada menit ke-44, tembakan Simons meleset dari sisi kanan gawang. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, belum ada gol yang tercipta, namun skor 1-0 tetap bertahan untuk Belanda.

Di babak kedua, Belanda menunjukkan permainan agresif dari awal hingga akhir. Tim asuhan Ronald Koeman memainkan permainan yang sangat berbeda dibandingkan di babak penyisihan grup. Berbagai pilihan telah dilakukan, namun solusi akhir belum membuahkan hasil maksimal bagi pemain Belanda.

Lalu pada menit ke-63, Cody Gakpo menambah keunggulan usai mencetak gol dari bola liar di dalam area penalti. Namun wasit Felix Zweier menganulir gol Cody Gakpo karena offside. 

Belanda menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-83 lewat gol yang dicetak Donyell Malen yang diawali serangan Cody Gakpo dari sisi kiri. Ia kemudian mengoper bola kepada Donyell Malen yang berada di dalam kotak penalti. Tak menyia-nyiakan peluang, Donyell Malen melepaskan tembakan ke gawang Rumania dengan kaki kanannya.

Tim berjuluk Oranje kembali menjebol gawang Rumania di perpanjangan waktu tepatnya menit 90+3, lagi-lagi berkat aksi Donyell Malen yang berlari cepat ke kotak penalti Rumania dan menembakkan bola ke gawang. Penampilan Malen membantu Belanda mengalahkan Rumania 3-0, kemenangan atas Rumania membuat Belanda melaju ke perempat final Euro 2024.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar