Piala Eropa 2024: Turki berhasil mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar - SEPUTAR IQ
INFORMASI BERITA HARI INI PERISTIWA TERUPDATE

Piala Eropa 2024: Turki berhasil mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar

Piala Eropa 2024: Turki berhasil mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar

SEPUTAR IQ - Hasil Austria vs Turki di babak 16 besar Piala Eropa 2024. Turki mengalahkan Austria 2-1 pada Rabu (03/07/2024) dini hari WIB, di Stadion Leipzig. Diatas kertas permainan Austria lebih baik daripada timnas Turki dalam hal penguasaan bola dan penciptaan peluang.

Austria lebih unggul memiliki 57,1% penguasaan bola. Sementara itu, Marko Arnautovic CS juga melepaskan 4 tembakan ke gawang, sedangkan Turki hanya melepaskan 2 tembakan. Dua tembakan pemain Turki terbukti merobek gawang Austria. Dua gol mereka dicetak Merih Demiral di menit pertama dan menit ke-59.

Austria memperkecil keunggulan di menit ke-66 lewat Gregoritsch yang menjadi satu-satunya gol pada laga tersebut, berkat hasil itu Turki memastikan tempat mereka di perempat final Euro 2024. Di saat yang sama, Austria, yang finis sebagai pemenang Grup D mengungguli Prancis dan Belanda, harus tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa 2024. Tim besutan Ralf Rangnick harus puas tak lolos ke babak berikutnya.

Baca juga: Piala Euro 2024: Belanda menang 3-0 saat melawan Rumania di babak 16 besar

Jalannya pertandingan?

Kurang dari satu menit pertandingan berjalan, Turki sudah memimpin 1-0 pada detik ke-57 laga dimulai, bek Merih Demiral mencetak gol melalui tendangan. Gol bek Turki, Merih Demiral tercapai berkat kesalahan pemain Austria.

Berawal dari tendangan penjuru Arda Güler, bola dengan cepat melewati gawang. Namun Patrick Pentz belum siap mengantisipasinya dengan sempurna dan bola terus bergerak di depan gawang. Alhasil bola liar akhirnya bisa disambut Melih Demiral, skor 1-0 membuat Turkiye unggul sementara.

Tertinggal satu gol dari lawannya, Austria berusaha memperkecil kedudukan dengan memanfaatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan di tujuh menit pembuka. Namun tendangan Philipp Lienhart masih melebar dari gawang dan mereka tak mampu manfaatkan peluang tersebut.

Austria yang mendominasi permainan kesulitan mencari cara untuk membobol gawang Turki. Pada menit ke-45+1, Christoph Baumgartner-lah yang menyia-nyiakan peluang mencetak gol untuk menyamakan skor. Marko Arnautovic juga punya peluang mencetak gol di babak kedua. Namun tembakannya di menit ke-51 berhasil diblok Mert Günok.

Sementara Turki kembali mencetak gol keduanya pada menit ke-59 lewat sundulan Melih Demiral, membuat Austria kembali tertinggal. Demiral yang memanfaatkan sepak pojok Arda Güler mencoba memperlebar skor menjadi 2-0.

Tertinggal dari tim lawan, Austria menyegarkan pemainnya dengan memasukkan Michael Gregoritsch, hasilnya cukup memuaskan. Mereka mampu memangkas skor menjadi 2-1 di menit ke-66. Gol bermula dari sepak pojok di sisi kanan, Stefan Posch menyundul bola ke tiang jauh. Michael yang menunggu di sana berhasil memasukkan bola ke gawang Turki.

Usai mencetak gol, Austria semakin semangat menekan dan masuk ke lini pertahanan Turki. Namun, bek dan kiper Mert Günok tampil solid. Meski terus mendapat tekanan, Turki punya peluang mencetak gol di menit pertama waktu tambahan. Sayangnya tendangan kaki kanan Baris Yilmaz bisa diblok kiper Patrick Pentz.

Sementara Mert Günok melakukan penyelamatan menentukan untuk menggagalkan sundulan Christoph Baumgartner pada menit ke-90+4. Di mana Günok sudah berada di posisi berlawanan dengan bola, namun ia mampu memblok bola dengan tangan kanannya. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 2-1 menutup laga dan membawa Turki lolos ke babak perempat final Euro 2024 bertemu Belanda.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar