Samuel Hutabarat Ayah Alm. Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Hadiri Wisuda Mendiang Putranya di Universitas Terbuka Jakarta - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

8/24/2022

Samuel Hutabarat Ayah Alm. Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Hadiri Wisuda Mendiang Putranya di Universitas Terbuka Jakarta

Acara wisuda Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Universitas Terbuka Jakarta, digelar pada hari ini, Selasa (23/8). Brigadir J seharusnya mengikuti wisuda sebagai sarjana Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Terbuka. Namun, Brigadir J meninggal setelah ditembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7) lalu.

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J berkuliah di Universitas Terbuka sejak 2015. Ia dinyatakan lulus pada April 2022 dengan perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,28. Sebelumnya, ayah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J mengatakan, pihak keluarga ingin hadir dalam momen wisuda tersebut.

Maka, sang ayah Samuel Hutabarat lah yang mewakili Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J untuk ikut dalam wisuda. Momen mengharukan sangat terasa ketika nama Brigadir J disebutkan.

(Baca juga: Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Ditetapkan Sebagai Tersangka dan Terancam Maksimal Hukuman Mati)

Tangisnya pecah ketika menerima ijazah milik Brigadir J termasuk ketika berfoto dengan Rektor UT. Ia bahkan sesekali menyeka air mata dengan sapu tangan miliknya. Dikabarkan, Brigadir J telah dinyatakan lulus Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), UPBJJ-UT Jambi.

Disebutkan Samuel, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J menyelesaikan pendidikan formalnya di UT dalam tujuh tahun dikarenakan sebelum bertugas di Jakarta ia sempat pula bertugas di Brimob Jambi, dan diperbantukan ke luar daerah.

Dikutip dari berbagai sumber, diketahui UT selain memiliki jadwal yang fleksibel juga tak memberlakukan skripsi untuk mahasiswanya. Walaupun tak ada skripsi, UT menggantikannya dengan uji kompetensi lain.

Uji kompetensi lain tersebut dikenal dengan nama Tugas Akhir Program (TAP) yang diberlakukan untuk jenjang D4 dan S1.Tujuan TAP adalah untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam suatu bidang ilmu. Cakupan materinya ialah materi mata kuliah pendukung TAP dari setiap program studi, dan beban studinya sebanyak 4 SKS.

Mahasiswa UT dapat dinyatakan telah menyelesaikan studinya setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing program studi. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar