Informasi Gempa Terkini BMKG: Gempa Bermagnitudo 5,7 Mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

7/24/2023

Informasi Gempa Terkini BMKG: Gempa Bermagnitudo 5,7 Mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Gambar Informasi Gempa Terkini BMKG: Gempa Bermagnitudo 5,7 Mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

SEPUTAR IQ - Gempa dengan magnitudo (M) 5,7 terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Guncangan gempa dirasakan di Solo, Klaten hingga Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada 84 Km Barat Daya Pacitan, Jawa Timur.

Lokasi tepatnya berada di 8,94 Lintang Selatan, 111,04 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada pukul 19.33 WIB. 

Gempa bermagnitudo 5,7 ini tidak berpotensi tsunami. Belum diketahui dengan pasti, adanya korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Informasi Gempa Terkini BMKG, Mengguncang di Beberapa Indonesia

6 Tips Saat Terjadinya Gempa?

  • Kenali daerah sekitar tempat tinggal Anda, apakah rawan gempa atau tidak.
  • Di ruangan tempat Anda berada, perhatikan tempat-tempat aman untuk berlindung jika terjadi gempa.
  • Perhatikan juga tempat-tempat yang berbahaya jika terjadi gempa, seperti di dekat cermin, pilar atau, lemari, dan sebagainya.
  • Saat memasuki gedung atau bangunan, perhatikan letak pintu keluar, tangga darurat, atau cara keluar jika sewaktu-waktu harus menyelamatkan diri.
  • Catat dan simpan nomor telepon penting yang harus dihubungi jika terjadi gempa, seperti Rumah Sakit, Polisi, Pemadam Kebakaran, PMI, Dll. 
  • Terakhir, jangan lupa mematikan kompor, listrik, kran air, dan gas setelah digunakan.

Doa Ketika Terjadinya Gempa?

Kita dianjurkan untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT, termasuk saat terjadi gempa.

Karena doa adalah cara umat manusia berikhtiar untuk mendapatkan perlindungan dari-Nya, dari segala bencana musibah, marabahaya, dan bencana alam lainnya.

Doa ini juga sebagai upaya untuk mengirimkan cinta kita kepada mereka yang menjadi korban, sambil berdoa semoga semuanya baik-baik saja.

"Allahumma Innii As'aluka Khoiroha, Wa Khoiromaa Fiihaa Wa Khoiro Maa Arslata Bih, Wa A'udzubika Min Syarrihaa Wasyarri Maa Fiihaa Wa Syarri Maa Arsalta Bih."

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan hamba memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar