Sinopsis Film Oppenheimer, dan Kisah Sang Bapak Bom Atom - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

7/20/2023

Sinopsis Film Oppenheimer, dan Kisah Sang Bapak Bom Atom

Gambar Sinopsis Film Oppenheimer, dan Kisah Sang Bapak Bom Atom

SEPUTAR IQ - Oppenheimer adalah sebuah film biografi sejarah Amerika tahun 2023 yang disutradarai oleh Christopher Nolan, dan diproduksi oleh Christopher Nolan, Emma Thomas dan Charles Roven, yang akan dirilis di Amerika Serikat pada 23 Juli 2023.

Ceritanya diangkat, berdasarkan buku American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin, yang ditulis oleh Christopher Nolan. Diketahui, film ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr. dan Florence Pugh.

So, pasti kalian sudah tidak sabar untuk melihat karya terbaru Nolan. Tapi sebelum itu, mari kita simak dulu sinopsisnya, berikut ini.

Baca juga: Sinopsis Film Unlocked (2023) Film Netflix Korea, di Bintangi Oleh Orlando Bloom dan Noomi Repace

Sinopsis Film Oppenheimer?

Film ini berceritakan tentang seorang fisikawan bernama Julius Robert Oppenheimer. Ia adalah seorang penemu dan pengembang bom atom pada masa Perang Dunia II. Dan akan membuat dan menyusun proyek Manhattan yang terkenal di Laboratorium Los Alamos.

Proyek tersebut merupakan proyek senjata pemusnah massal yang dilakukan secara rahasia. Nantinya, penonton akan dibuat merasakan bagaimana dilema Oppenheimer saat mengembangkan bom atom. Bagaimana dirinya tahu, penemuannya itu akan berdampak besar bagi umat manusia di bumi.

Dia kemudian meminta perdamaian, tetapi itu hanya merugikannya. Proyek Manhattan dan kontribusinya mengarah pada pembuatan bom atom, yang akan melaksanakan praktik dan upayanya untuk melakukan serangan nuklir di Hiroshima dan Nagasaki yang menyebabkan kematian penduduk di tempat-tempat itu.

Profil Oppenheimer?

J. Robert Oppenheimer, sang bapak bom atom, ramai dibicarakan saat film (Oppenheime)r karya Christopher Nolan dirilis mulai hari ini (19/07) di bioskop Indonesia. Sang bapak bom atom lahir pada tanggal 22 April 1904 di New York City, Amerika Serikat. Dirinya adalah seorang imigran Yahudi Jerman.

Oppenheimer, lalu melanjutkan pendidikan tingginya dengan kuliah di Universitas Harvard untuk belajar kimia pada tahun 1922. Kemudian, ia pergi ke Cambridge di Inggris untuk memulai pekerjaan pascasarjana di bidang fisika.

Kemudian, Oppenheimer juga bekerja di Proyek Manhattan di Laboratorium Los Alamos di Amerika Serikat. Dimana, proyek ini berhasil menciptakan bom atom, pada 16 Juli 1945. Oppenheimer dan yang lainnya terlibat dalam Proyek Manhattan, mereka menyaksikan bom atom pertama meledak di padang pasir Amerika Serikat.

Fakta - Fakta Film Oppenheimer?

  • Film dimulai dengan Oppenheimer sebagai mahasiswa muda di Universitas Harvard. Dia adalah seorang fisikawan yang brilian, tetapi dia juga sangat terganggu oleh implikasi dari karyanya.
  • Pada tahun 1942, Oppenheimer direkrut oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memimpin Proyek Manhattan, sebuah proyek rahasia untuk mengembangkan bom atom. Oppenheimer mengumpulkan tim ilmuwan terkemuka dunia, dan mereka bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan bom tersebut.
  • Pada tahun 1945, bom tersebut berhasil diuji coba di New Mexico. Oppenheimer merasa ngeri dengan kekuatan penghancur bom tersebut, tetapi dia tahu bahwa bom itu perlu digunakan untuk mengalahkan Nazi Jerman.
  • Bom tersebut digunakan untuk menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang, menewaskan ratusan ribu orang. Oppenheimer dipenuhi rasa bersalah, dan dia menghabiskan sisa hidupnya mencoba mengendalikan penyebaran senjata nuklir.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar