Informasi dan Berita Gempa Terkini, Mengguncang Beberapa Wilayah di Indonesia - SEPUTAR IQ
HEADLINE HARI INI
Loading...

8/26/2023

Informasi dan Berita Gempa Terkini, Mengguncang Beberapa Wilayah di Indonesia

Gambar Informasi dan Berita Gempa Terkini, Mengguncang Beberapa Wilayah di Indonesia

SEPUTAR IQBMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mencatat aktivitas seismik besar terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan terakhir, yang dirasakan masyarakat dengan kekuatan dan kedalaman yang bervariasi.

Berdasarkan kutipan Twitter @infoBMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), terpantau gempa terjadi di beberapa wilayah, khususnya pulau Jawa, seperti Trenggalek (Jawa Timur), Pangandaran (Jawa Barat), dan Wonosobo (Jawa Tengah).

Baca juga: Letusan Vulkanik Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas dan Kini Menjadi Level Awas

Gempa M4,8 Trenggalek?

Gempa berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang Trenggalek, berdasarkan informasi BPBD Trenggalek diketahui belum ada laporan kerusakan akibat gempa M4,8 tersebut. Namun dampak gempa juga dirasakan masyarakat, meski pusat gempa berada 76 kilometer barat daya Trenggalek, pihaknya terus memantau seluruh wilayah Trenggalek dan masih aman.

Gempa yang terjadi pada pukul 19:52:53 berada pada kedalaman 10,0 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Sedangkan koordinat gempa berada pada 8,74 LS (Lintang Selatan) dan 111,51 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi dirasakan dalam skala MMI di wilayah Trenggalek, Blitar, Nganjuk, dan Karangkates dengan skala II, II, II dan II. Skala MMI yang dirasakan adalah II yang berarti gempa tersebut tidak dirasakan atau hanya dirasakan oleh beberapa orang saja, melainkan terekam oleh alat.

Gempa M4,1 Pangandaran?

BMKG menyampaikan gempa yang mengguncang Pangandaran, Jawa Barat berkekuatan magnitudo 4,1. Belum ada informasi apakah ada kerusakan pasca gempa, diketahui pusat  gempa berada di kedalaman 19 kilometer.

Gempa terjadi pada hari Kamis (24/08), berdasarkan Twitter @infoBMKG lokasi gempa berada pada 8,28 LS (Lintang Selatan) dan 108,16 BT (Bujur Timur). BMKG juga telah menyampaikan "Informasi ini didasarkan pada kecepatan, hasil pemrosesan data tidak stabil dan dapat bervariasi tergantung pada integritas datanya.” @infoBMKG.

Gempa M2,2 Wonosobo?

Sementara itu, gempa melanda Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah siang tadi berkekuatan magnitudo 2,2. Pusat gempa di darat. Gempa terjadi sekitar pukul 14.58 WIB, dengan kedalaman 10 kilometer.

Koordinat gempa berada di 7,19 LS (Lintang Selatan) dan 109,84 BT (Bujur Timur). “Informasi Gempa Magnetik:2.2, 25.08.2023 - 14:58:44WIB,” tulis keterangan @infoBMKG, Jumat (25/08).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda
Tambahkan Komentar
Sembunyikan Komentar